Jangan Salah Pilih Memori MicroSD untuk HP

Sandisk microSD
Sandisk Ultra 64GB
MicroSD merupakan jenis memori portable dengan bentuk fisiknya paling kecil yaitu 11 x 15mm jika dibandingkan dengan mimi SD ataupun SD card. Hal inilah yang menjadikan jenis memori microSD begitu populer digunakan pabrikan HP, selain bentuknya yang mungil kapasitas yang dapat disimpan bisa mencapai 128GB.

Salah satu indikator untuk menentukan bagus tidaknya microSD yakni "class". Sampai saat ini memory SD mempunyai Class 2, 4, 6, 10.



Maksud dari angka diatas yaitu rata-rata kecepatan minimum baca (read) dan tulis (write). Contohnya jika anda menonton video yang tersimpan pada memory maka disebut dengan read, sedangkan write apabila anda memindahkan data (berupa aplikasi,gambar,video dan dokumen lainya) dari memory internal ke microSD.

Class 10 tentu lebih baik jika dibandingkan dengan class 6 ataupun dibawahnya. Class 10 berarti memory mampu mrmbaca/menulis dengan kecepatan 10MB per detik

Ada baiknya memilih merek yang sudah berpengalaman misal Sandisk, Kingstone, Toshiba atau Corsair (lebih mahal)

Indikator baik tidaknya memory dapat dirasakan saat anda membuka file besar seperti video, game yang tersimpan di microSD, maupun saat selesai booting banyak aplikasi belum terbaca semua di hp anda.

Sesuaikan juga dengan kebutuhan dan kemampuan hp anda. Jika kemampuan hardware smartphone sudah jadul maka akan sia sia walaupun sudah membeli memory paling mahal sekalipun, maka sesuaikan kebutuhan terlebih dahulu. Apabila smartphone anda keluaran terbaru maka memory card merupakan satu kebutuhan yang wajib anda beli dengan spek terbaru.

Walaupun kapasitasnya sama misal 8gb. Class 6 pasti lebih murah dari Class 10. Nah maka dari itu sebaiknya pilih saja sesuai kebutuhan anda.

2 Responses to "Jangan Salah Pilih Memori MicroSD untuk HP"

Ayo komen dong gan kasihan gueh udah nulis enggak ada yang komen hehe..