Cara Melihat Penghasilan Youtube Jitu!

Youtube logo

Bagaimana sih caranya melihat penghasilan/earning youtube? Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh teman-teman yang baru bermain youtube sebagai sumber penghasilan tambahan dari internet. 


Melihat penghasilan youtube ada di dua tempat yakni di dashboard youtube dan di akun adsense atau bisa juga di dashboard MCN (multi channel network) jika anda bekerjasama dengan pihak ketiga. Kali ini saya hanya akan membahas di dashboard youtube dan di akun adsense

Saat anda mengaktifkan fitur monetisasi, maka secara otomatis anda akan menjadi youtube partner/mitra youtube tetapi terkadang ada saja yang lupa menghubungkan akun youtube dengan akun adsense, padahal yang terpenting adalah data penghasilan yang ada di dashboard adsense, sebab di akun adsense lah dolar kita akan terkumpul.

Anda bisa cek terlebih dahulu apakah akun youtube sudah aktif dan disetujui atau belum, caranya klik pada akun youtube anda yang ada di pojok kanan atas Creator Studio > Saluran > Monetisasi.

Monetisasi Youtube Tab

Disana akan terlihat Status Akun dan Asosiasi AdSense, jika status sudah aktif dan disetujui berarti akun youtube anda sudah terintegrasi dengan adsense. Agar lebih yakin lagi klik pada "Tinjau atau ubah pengasosiasian AdSense" disitu akan terlihat Id AdSense, Status dan Tanggal Terkait.

Pengaitan monetisasi adsense youtube

Oke setelah terkait, kenapa di dashboard adsense masih nol? Padahal di menu analityc youtube sudah ada penghasilanya? Kenapa berbeda?

AdSense mengakumulasi penghasilan setiap tanggal 15 jadi hanya sebulan sekali akun anda akan diupdate, Anda dapat melihat penghasilan di bagian current balance, disana akan tertera saldo penghasilan adsense anda. Jika masih nol sabar dan tunggu saja setiap tanggal 15.

Adsense home menu

Jika anda ingin melihat penghasilan seminggu terakhir, sepanjang masa, kemarin atau penghasilan hari ini, anda bisa melihatnya dibagian Performance Report 

Anda mungkin akan bingung dengan tampilanya apalagi istilah-istilahnya, awalnya saya juga tidak paham dengan istilah-istilah seperti Tayangan, Tampilan Laman, RPM dll. Anda cukup fokus di bagian Tampilan laman, Tayangan, Klik, BPK, yang lain bisa dipahami belakangan.

Untuk bisa melihat penghasilan secara realtime/setiap waktu caranya pada menu "Performance Report" klik pada menu yang ada disamping logo adsense dibagian pojok kiri atas selanjutnya Common Report > Products.

Common reports

Dibagian tabel anda klik "AdSense untuk Konten yang Dihosting" maka akan keluar penghasilan 7 hari terakhir, anda juga dapat mengubah rentan waktu di bagian atas. 

Adsense untuk konten yang dihosting


Adsense earning last 7 days

Perlu diingat anda harus melengkapi data penerima pembayaran sesuai alamat yang ada di KTP supaya tidak ada masalah dikemudian hari, anda bisa mengeditnya di menu Payments, disana juga terdapat Payable Earnings.

Catatan: Analytics yang ada di dashboard youtube selalu delay/terlambat update kurang lebih tiga hari. Jadi anda tidak perlu kawatir dengan earning yang ada di youtune analytics

Demikian Bagaimana Cara Melihat Penghasilan Youtube. Artikel ini merupakan tulisan original berdasarkan pengalaman saya sebagai pengelola Tekno Era Blog, semoga bermanfaat. Mohon untuk tidak mempublish ulang Artikel ini tanpa seijin penulis. Silahkan share artikel ini jika bermanfaat.

9 Responses to "Cara Melihat Penghasilan Youtube Jitu!"

  1. Bos mau nanya sudah dua minggu saya uplod video dan viewsnya 20k+++. Tapi kenapa pendapatan cuma 0,32.. Usd kira2 kenapa ya?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena ada unsur musik dari orang lain, video dari orang lain, biasanya duitnya masuk ke orang yang claim itu videonya.

      Delete
  2. ok thanks infonya sangat bermamfaat

    ReplyDelete
  3. subcribe channel ane ya gan/sist https://www.youtube.com/channel/UCl48nNxUKCDXAKjCtqp0BVQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. sob SUBSCRIBE ya
      www.youtube.com/siraitsiantar

      Delete
  4. Oh gitu ya... Mksih gan saya jadi tahu

    ReplyDelete
  5. Mantap gan, lanjutkan.

    mampir juga gan ke blog saya:
    https://kreatorbiasa.blogspot.com/

    ReplyDelete

Ayo komen dong gan kasihan gueh udah nulis enggak ada yang komen hehe..