8 Tips agar Baterai HP Android Awet


Cara memperpanjang usia pakai HP Android - Smartphone pada umumnya lebih banyak mengkomsumsi baterai dibandingkan dengan feature phone. Jika feature phone hanya digunakan untuk menelfon dan berkirim pesan (SMS), maka lain lagi dengan smartphone selain dua diatas bayak sekali aplikasi yang berjalan di background (idle) seperti aplikasi cuaca, sosial media bahkan game saat tidak di mainkan pun akan selalu terkoneksi ke server jika anda tersambung dengan internet, hal ini terntu akan membuat baterai anda cepat terkuras jika dibiarka terus menerus akan berakibat menurunya performa baterai. Lalu bagaimana agar hp anda tetap awet meskipun dipakai bertahun-tahun? Simak tips triknya dibawah ini.


8 Cara Agar Baterai Smartphone Awet


1. Matikan GPS
GPS atau berfungsi untuk menentukan letak lokasi, apabila aktif maka gps akan selalu mengunduh posisi setiap saat jika hp anda terhubung ke internet. Jika anda sedang tidak berpergian sebaiknya matikan fitur ini, masuk setting > location services dan hapus centang yang ada.

2. Aktifkan Fitur Stamina Mode
Stamina mode sangat membantu sekali untuk menghemat baterai anda, jika fitur ini diaktifkan maka saat hp anda di lock, secara otomatis akan menonaktikan koneksi internet dan jika anda membuka lock screen secara otomatis konekai internet akan menyala kembali.

3. Nonaktifkan WIFI 
Jika tidak ada jaringan wifi di tempat anda sebaiknya matikan saja sebab wifi akan selalu menscan jaringan jika di aktifkan.

4. Matikan Auto Brightness
Sensor auto brightness sangat bermanfaat jika anda sering di luar ruangan. Saat anda berada di ruangan gelap secara otomatis sensor akan menurunkan kecerahan layar smartphone, saat di luar ruangan atau tempat yang terang maka sensor akan menaikan brightness secara otomatis. 

5. Live Wallpaper 
Jangan gunakan wallpaper flash/wallpaper yang bergerak selain memboroskan baterai, juga membutuhkan proses yang tidak sedikit.

6. Widget 
Widget pada home screen sangat membantu kita untuk memantau berita maupun cuaca. Hapus widget yang kurang penting seperti widget media sosial dan laporan cuaca jika kurang dibutuhkan.

7. Nonaktifkan Auto Sync/Sinkronisasi Otomatis
Umumnya aplikasi email mempunyai fasilitas auto sync agar pesan yang masuk diterima saat itu juga. Matikan fitur sync jika anda tidak memakai email untuk berkomunikasi.

8. Jangan Charge sambil bermain Game
Saat baterai anda low sebaiknya langsung charge dan biarkan terisi penuh terlebih dahulu, jika anda charge sambil bermain game dapat menyebabkan pengisian tidak maksimal dan baterai menjadi panas.

Demikian cara menghemat 8 tips agar baterai hp android anda lebih awet, jika anda punya tips trik lain silahkan tuliskan lewat kotak komentar agar pembaca lain dapat melihatnya. Terima kasih

1 Response to "8 Tips agar Baterai HP Android Awet "

  1. Nambah satu lagi gan. Charge baterai sampai penuh.kemidian matikan HP nya . dimanin awet sampe berhari hari 😄

    ReplyDelete

Ayo komen dong gan kasihan gueh udah nulis enggak ada yang komen hehe..